Selasa, 17 Juli 2018

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI GETARAN & GERAK HARMONIK SEDERHANA (GHS)

Halo, apa kabar sahabat fisika? Semoga baik-baik saja ya, dan semoga selalu bersemangat belajarnya. Sudah belajar materi getaran & Gerak Harmonik Sederhana (GHS)? Kalau sudah, kali ini mimin akan memberikan contoh soal dan pembahasan materi getaran. Semoga bisa memperdalam pemahaman konsep kawan-kawan. Berikut contoh soal dan pembahasannya :

1. Sebuah pegas bertambah panjang 10 cm jika diberi beban 100 N. Jika suatu benda bermassa 2 Kg diikatkan pada pegas itu lalu digetarkan, berapa periode ayunan pegas itu?























(yohanes surya, 2009)

2. Seseorang hendak menghitung percepatan jatuh bebas ditempat ia berada. Ia melakukan eksperimen dengan mengayunkan sebuah bandul yang digantung pada seutas tali 30 cm. Ia mengukur bahwa waktu rata-rata untuk melakukan 20 ayunan adalah 22 detik. Dari data ini hitung berapa percepatan jatuh bebas di tempat percobaan?
Penyelesaian
Untuk melakukan 20 ayunan diperlukan waktu 22 detik, jadi dalam 1 detik terjadi 20/22 ayunan. Ini berarti frekuensi ayunan (banyaknya ayunan dalam 1 detik) adalah 20/22 Hz.
Untuk menhitung g dan f gunakan rumus berikut :







Untuk mengetahui darimana asal rumus di atas silahkan baca cara mendapatkan rumus periode & frekuensi bandul



















jadi percepatan jatuh bebas ditempat tersebut adalah 9,79 m/s2

3. Carilah panjang bandul sederhana jika periodenya 5 s pada titik dimana g bernilai 9,8 m/s2
Penyelesaian 














4. Sebuah ayunan bergetar dengan periode 1,5 sekon. Apabila amplitudo ayunan sebesar 10 cm, simpangan ayunan setelah bergetar selama 4 sekon adalah...
Penyelesaian 



















5. Sebuah benda melakukan gerak harmonis dengan periode 0,8 detik. Jika benda bergerak dari keadaan setimbang dan amplitudo A, maka saat t=1 detik simpangan benda tersebut adalah... kali amplitudonya. 
Penyelesaian
Ingat persamaan simpangan y = A sin ω t
Pertama dicari kecepatan sudutnya (ω)















jadi besar simpangannya adalah 1 kali Amplitudonya

6. Sebuah partikel mengalami gerak harmonik sederhana dengan persamaan gerak dinyatakan sebagai berikut : y = 10 sin ( 10 π t + π/3). Jika y dalam cm dan t dalam detik, tentukan simpangan atau posisi getaran ketika t = 1 sekon.
Penyelesaian
Ingat persamaan simpangan di bawah ini
Y = A sin (ω t + θ0)
Pada soal terdapat persamaan simpangan sebagai berikut
y = 10 sin ( 10 π t + π/3)
maka,









7.  Diketahui persamaan simpangan GHS : Y = 6 sin (2πt + π/6) y dalam cm dan t dalam sekon. Hitunglah kecepatan getar partikel pada saat simpangannya 3 cm.
Penyelesaian











8. Posisi partikel diberikan oleh : X = 5 cm cos 4 π t dengan t dalam sekon. Berapalah a) frekuensi, b) periode, c) amplitudo gerak partikel, d) kapankah setelah t = 0 partikel pertama kali berada pada posisi kesetimbangannya? Ke arah manakah partikel bergerak pada waktu itu?
Penyelesaian
Ingat persamaan y = A sin ω t perhatikan persamaan pada soal X = 5 cm cos 4 π t. Kedua persamaan memiliki kemiripan, maka;











































9. Sebuah partikel memiliki simpangan X yang memenuhi X = 0,4 cos ( 3t + π/4) dengan x dalam meter dan t dalam sekon : a) carilah frekuensi f dan periode T gerak, b) dimana partikel pada saat t = 0 sekon?
Penyelesaian
Ingat, Y = A cos (ω t + θ)
Perhatikan X = 0,4 cos ( 3t + π/4), maka 



































11 komentar:

  1. Nomer 3 245,25 dapet darimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo iya ada yang keliru ternyata, seharusnya itu 245 saja. Didapat dari perkalian antara 5 kuadrat dg 8,9.
      Jadi, 245 : 39,4384 = 6,2

      Terima kasih koreksiannya,

      Hapus
  2. Jam bandul akan dibawa dalam misi penerbangan ke luar angkasa.Periode jam bandul ketika berada di bumi 1,25 jam.Salah satu astronot mencatat periode jam bandul ketika di luar angkasa 5 jam.Percepatan gravitasi di tempat itu adalah (g= percepatan gravitasi bumi)

    BalasHapus
  3. permisi yang nomor 5 kenapa T nya waktu dimasukkan ke rumus jadi 8 bukannya 0,8?

    BalasHapus
  4. Kak itu nomor 5 kok bisa jadi 5 / 2

    BalasHapus
  5. Kak tolong penjelasan nya nomor 5

    BalasHapus
  6. No. 5 terdapat kesalahan penulisan, seharusnya T yang dimasukkan itu sebesar 0,8 bukan 8.
    kemudian 5/2 itu didapat dari penyederhanaan dari 2/0,8... sama-sama dibagi 0,4. atau lebih mudahnya dibuat 20/8 terus pembilang dan penyebutnya sama sama dibagi 4, maka hasilnya 5/2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sama dibagi 0,4 atau lebih mudahnya dibuat 20/8 terus pembilang dan penyebutnya sama sama dibagi 4,maka hasilnya 5/2 bagian mananya kak

      Hapus
  7. Ayunan sederhana mempunyai simpangan dengan persamaan y = 0,2 sin (π.t + π/3), y dalam meter dan t dalam s, jika t = 2 sekon, tentukan amplitudo,
    frekuensi,priode, kecepatan, dan percepatannya!

    BalasHapus
  8. sebuah pegas melakukan gerak harmonik sederhana dengan persamaan y= 15 sih (2t +π/6) , tentukan kecepatannya saat t =π/2 sekon!
    Tolong jawabannya kak

    BalasHapus